Melatih Ayam Petarung

Ayam aduan atau ayam petarung seperti halnya seorang petinju, sebagus apapun ayamnya jika tidak pernah di latih, baik latihan fisik maupun latih adu (tarung) maka jangan harap jadi ayam petarung yang handal. Fungsi latihan fisik tentunya seperti fitnes bagi manusia, menguatkan otot-otot dan membentuknya supaya kencang dan atletis. Sedangkan fungsi latihan tarung lebih terkonsentrasi pada pengalaman, sehingga ayam dapat memahami bagaimana harus menghadapi lawan.

1. Latihan Fisik Ayam Petarung. 
  • Mulai umur 4 bulan kandangkan ayam di kandang umbaran dengan tangkringan setinggi 1 meter. Dengan adanya tangkringan ayam aduan akan terlatih otot kaki dan sayap karena digunakan untuk naik dan turun tangkringan. Tidur diatas tangkringan juga melatih keseimbangan ayam petarung kita.
  • Puter. Latihan puter berfungsi menguatkan leher ayam bangkok aduan. Kalungkan pergelangan tangan pada leher lalu diputar ke kanan dan ke kiri. Lakukan secara rutin dan bertahap, jangan sampai ayam kelelahan karena di forsir latihan.
  • Menguatkan sayap dengan cara memasukan tangan anda pada salah satu sayap kemudian ayam di dorong berputar sampai beberapa kali. Lakukan bergantian sayap kanan dan kiri.
  • Memandikan dan Menjemur. Mandikan ayam kurang lebih jam 8 kemudian jemur sampai jam 10. Berikan minuman yang cukup di kurungan pada saat penjemuran.
  • Umbar. Setelah ayam di jemur biarkan ayam bebas berkeliaran, namun perhatikan bahwa jangan sampai ada betina dan atau musuh yang lain pada saat ayam di umbar. Usahakan tempat ayam di lepas bebas dari sampah plastik dan karet, jangan sampai ayam anda memakan kedua jenis sampah tersebut.
  • Renang. Beberapa peternak menganjurkan latih renang untuk Ayam bangkok petarung, hal ini akan menguatkan otot otot paha, dari pengamatan bamsbreeder ayam setelah berenang akan lain jalannya, sedikit jinjit. Namun hati hati saat merenangkan ayam aduan anda jangan sampai sayap ikut klubrak klubruk di dalam air karena bisa rusak.
2. Latihan Abar 
  • Latihan abar, latihan gebrak atau latihan adu seperti pada video di atas hanya dilakukan setelah ayam benar benar siap tarung. Pada usia 8 bulan biasanya ayam petarung sudah siap di latih adu. Pilih lawan yang benar benar seimbang, jangan sampai lebih tua. Jika dirasa perlu berikan isolasi pada paruh lawan adu dan jalunya supaya tidak melukai bakal ayam petarung. Lakukan secara bertahap mulai dari 5 menit, kemudian 10 menit dan seterusnya. Cukup lakukan latihan abar seminggu sekali. Jangan ngoyo.
Update :
Bagi anda yang ingin memiliki Ayam Petarung alias Ayam Aduan yang sudah jadi atau siap tempur, silahkan hubungi PRABUFARM.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori ayam aduan / ayam bangkok / ayam petarung / Melatih ayam petarung dengan judul Melatih Ayam Petarung. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://bamsbreeder.blogspot.com/2012/12/melatih-ayam-petarung.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Liena Yuningrat - Rabu, 26 Desember 2012

4 komentar untuk "Melatih Ayam Petarung"

  1. berapa tuh bos yg siap tarung lapangan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung aja call prabufarm gan 085729921269

      Hapus
  2. rawatan sederhana ,manfaat nya ayam jadi beger and seger

    BalasHapus