Cara mengobati Bubul pada Ayam

Penyakit bubul atau bubulan adalah salah satu penyakit yang menyerang kaki ayam aduan. Penyebab dari bubul ini adalah bakteri yang masuk melalui luka pada kaki ayam sehingga mengakibatkan infeksi. 
Salah satu penghuni bamsbreeder yang terkena bubul adalah ayam bangkok petarung yang akhirnya kami jadikan pacek atau indukan pejantan. 

Ayam petarung yang terkena bubul ini akan merasa kesakitan pada bagian kaki sehingga seringkali tidak mau jika di adu. Tapi jika saat kaki tidak sakit,ayam ini masih mau bertarung dan tetap fit dengan jalu-nya yang ganas.

Masih sliwar sliwer alias simpang siur tentang bagaimana cara efektif mengobati bubul ini. Dari berbagai sumber informasi bamsbreeder mencoba merangkum beberapa cara mengobati bubul pada ayam petarung kesayangan anda :

  1. Dengan meletakkan ayam pada lumpur rinso atau garam. Bubul seperti kulit parasit yang bisa mengelupas jika di cabut, tapi jika di pakasa dicabut bisa mengakibatkan infeksi dan bubul akan tumbuh lagi. Beberapa peternak menyarankan membuat comberan/lumpur dengan menggunakan air rinso ada juga yang menyarankan dengan air garam. Setelah ayam dimandikan jemur ayam diatas lumpur yang kita buat tadi. Bubul akan rontok dengan sendirinya.
  2. Dengan obat kutil Colomac. Terlebih dahulu bersihkan kaki yang terkena bubul, sterilkan dengan alkohol. Oleskan colomac dan tutup luka dengan plester (hansaplast). Jaga kebersihan kaki yang terkena bubul, berikan alas kandang yang empuk seperti jerami.
  3. Menggunakan kanterpain. Bersihkan dan keringkan kaki yang terkena bubul. oleskan kanterpain pada bubul dan tahan atau pegang ayam sampai kanterpain kering kurang lebih 5 menit. Lepaskan ayam pada alas kandang yang bersih dengan alas karung atau karpet.
  4. Menggunakan Koyo Cabe. Bersihkan dan sterilkan kaki terlebih dahulu sebelum ditempel koyo cabe. Ganti koyo cabe setiap 3 hari sekali.
  5. Menggunakan paku yang di bakar. Mungkin terinspirasi dari cara pengobatan kuno dimana membakar luka adalah cara mensterilkan luka dari bakteri. Gunakan paku seukuran mata butul lalu panaskan sampai benar benar panas. Tempelkan paku panas pada mata bubul (jangan sampai terkena bagian yg sehat) sampai ayam merasa panas ditandai dg menghentakkan kaki. Ulangi 3 sampai 4 kali. Lakukan pengobatan selama 3 hari.
UPDATE : 
  • Kami mempraktekan cara 1 yaitu megurung ayam pada lumpur, namun dalam hal ini lumpur kami buat dari "gamping" yang kami basahi dan tentu bercampur dengan tanah. Ayamsaya biarkan dalam kurungan seharian penuh, sore kita angkat dan bersihkan kakinya dengan air bersih. Dan alhamdulillah setelah satu minggu di terapi dengan cara meletakkan ayam di comberan gamping, bubul dapat mengelupas dan tidak tumbuh lagi. 
Demikian rangkuman cara efektif mengobati bubul pada ayam aduan dari berbagai sumber. Saya sendiri telah mencoba dengan mencabut bubul kemudian mengolesi dengan minyak rem, namun tidak berhasil dan bubul tumbuh lagi. Jika anda mempunyai saran dan pengalaman menyembuhkan bubul, silahkan tambahkan di kolom komentar. Sebelumnya terima kasih.

Jika ada pertanyaan mengenai bubul ayam ini, silahkan ajukan pertanyaan di Facebook Komunitas Penggemar Ayam Petarung .
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori ayam aduan / ayam bangkok / ayam petarung / bubul ayam / cara efektif mengobati bubul / cara mengobati gudik / mengobati bubul ayam dengan judul Cara mengobati Bubul pada Ayam. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://bamsbreeder.blogspot.com/2012/12/cara-mengobati-bubul-pada-ayam.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Liena Yuningrat - Kamis, 27 Desember 2012

Belum ada komentar untuk "Cara mengobati Bubul pada Ayam"

Poskan Komentar